Kamis, 17 September 2015

Kenitu, Buah Susu Yang Segar dan Nikmat


Kenitu, begitu nama buah ini berwarna hijau dikenal. Di daerah saya namanya sawo susu atau sawo manila. Bentuknya bundar seukuran kepal tengan orang dewasa . Saya penasaran dan membeli sekeranjang buah itu saat bis berhenti di daerah Lumajang.



Syukurlah buah itu sudah matang. Lalu saya mengirisnya sebagian dan tampaklah daging buahnya berwarna putih susu. Saya memakannya dan rasanya manis, asam dan segar sekali. Tak terasa buah itu segera habis seketika dan menyusul berikutnya.Konon buah kenitu ini juga bisa dibuat es krim.

Pohon kenitu bernama ilmiah Chrysophyllum dan bisa tumbuh dengan cepat dan rindang dan buah buah lebat dengan tinggi pohon hingga 30 m.



Selain buahnya yang segar dan nikmat, kenitu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Rebusan daunnya dapat dipakai untuk menyembuhkan diabetes dan rematik. Kulit kayunya dapat digunakan sebagai obat kuat dan obat batuk. 



Infus daun kenitu yang kaya akan tanin dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai obat kanker. Buah yang sudah masak dapat digunakan sebagai anti inflamasi pada keadaan laringitis dan pneumonia serta pengobatan diabetes melitus.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar