Senin, 14 September 2015

Kenangan Mengobati Panas Dan Gatal Dengan Daun Mimba


Sewaktu usia 8 tahunan, saya pernah menderita sakit panas disertai gatal dengan tubuh yang membengkak. Warga setempat biasanya menyebutnya dengan sakit Gambaken.



Pada sore hari ibu saya berusaha mengobati secara tradisional dengan menyiapkan air hangat di bak air dan kemudian mengambil 10 tangkai daun mimba di pohon depan rumah.



Daun itu direndam di bak air hangat selama 5 menit, setelah itu saya disuruh berendam di bak air itu.Sambil berendam itu, ibu saya melumuri tubuh saya dengan daun mimba sambil mengucapkan doa semoga sakit saya segera sembuh.



Setelah 10 menit ritual itu, saya dibilas dengan air bersih dan berganti baju dan dipeseni untuk langsung tidur.Bangun dari tidur, Alhamdulillah panas, gatal dan tubuh yang membengkak hilang sudah.

Begitulah kenangan saya tentang manfaat daun mimba. Pohon Mimba yang bernama latin Azadirachta indica A. juss. ini didaerah pedesaan banyak dijumpai . Kalau di daerah kota biasanya sebagai tanaman penghijau di pinggir jalan.



Daun mimba ternyata juga mempunyai khasiat lain bagi kesehatan yaitu menurunkan kadar gula darah., anti diabetes. mengatasi diare, masuk angin dan pencuci luka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar