Sabtu, 05 September 2015

Gayam , Buah Genderuwo Yang Gurih Dan Nikmat


Buah Genderuwo , begitulah julukan untuk buah yang lebih dikenal dengan nama buah Gayam . Julukan itu karena pohon gayam yang bernama latin Inocarpus fagifer itu cukup besar dan tinggi dan tumbuh  di dekat genangan air yang diyakini sebagai tempat tinggal genderuwo.



Buah Gayam berukuran sekepalan tangan dewasa. Buahnya bergantungan di pohon sehingga untuk mendapatkannya harus dengan memanjat pohon atau menggalahnya.


Setelah buah terkumpul , gayam bisa langsung dikupas. Tetapi untuk mengupasnya harus menggunakan senjata tajam bernama Bendo dan dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman karena kulitnya sangat keras sekali.



Setelah gayam terkupas bisa langsung direbus beberapa lama dan bisa langsung dimakan. Rasanya nikmat dan gurih. Ada juga yang mengumpulkan gayam lebih banyak untuk diolah jadi keripik gayam juga tak kalah nikmat dan gurihnya.



Sayang, gayam ini berbuah musiman 2-3 kali dalam setahun. Karena itu cukup susah juga untuk mendapatkannya di luar musim buah. Yang menarik, cara menjual buah gayam ini dalam bentuk satuan isi 25 buah gayam dan tidak boleh secara bijian.
 
Habitat tumbuh pohon gayam juga terbatas. Di daerah Tuban - Jawa Timur, sentra pohon gayam ini hanya ada di Kecamatan Merakurak yang brjarak 10 km arah barat kota Tuban,







Tidak ada komentar:

Posting Komentar